fiqh

Konsep Ghaddhul Bashar ( Menundukkan Pandangan)

 

Ghaddhul Bashar adalah salah satu sifat dan adab yang luar biasa yang dimiliki oleh seseorang anak manusia, selain ini adalah perintah Allah (Annur: 30-31), dia juga akan memberi efek positif bagi pelakunya.

Ghaddhul Bashar itu artinya menjaga pandangan terhadap hal-hal yang tidak boleh dipandang, dalam memahami konteks “ghaddhul bashar”, sering terjadi salah kaprah, sampai ada sebagian orang yang mengatakan, “Terus, kalau jalan kita kudu lihat ke tanah? nggak boleh lihat ke depan, karena akan melihat cewek!kayak orang nyari recehan jatuh aja!”. Di lain sisi, ada yang memahami ghaddhul bashar itu adalah perasaan dalam hati, “Lihat aja, asal nggak dimasukin hati dan nggak dibawa mimpi!”.

Dua-duanya salah, sama-sama terlalu berlebihan dan terlalu lebay. Seorang Ulama, kalau ane nggak salah beliau adalah Imam Qadhy Iyadh, mengatakan, “Seandainya semua wanita telanjang di jalanan, tetap saja laki-laki wajib menjaga pandangan”. Itu artinya, tidak ada toleransi “Lihat saja, asal nggak masuk dalam hati dan nggak dibawa mimpi”.

Terus kita jalan lihat ke tanah? tidak juga, dalam sebuah hadis Rasulullah mengajarkan sayyidina Ali bin Abi Thalib, “Pandangan pertama tidak masalah, selanjutnya dosa”. Artinya, ketika kita berjalan di jalanan seperti biasa, tentunya lihat kiri-kanan biar tidak nabrak tiang, tanpa sengaja melihat cewek cantik, “tanpa sengaja melihat” itu tidak masalah, yang jadi masalah diterusin.

Sekarang, apa solusinya? aku jalan ke kampus, lihat ke atas ada poster cewek, lihat ke bawah banyak penjual majalah di trotoar jalan, lihat ke depan…apalagi! Buka FB, isinya cewek semua!

Ya, itu tantangan karena kamu lahir di akhir zaman, dan Insya Allah pahalamu akan lebih besar karena perjuanganmu melaksanakan perintah Tuhan lebih berat, lakukan semampumu, kawan…”Ya Allah…inilah kemampuanku melaksanakan perintah-Mu, kuatkanlah aku, janganlah Kau siksa aku diluar batas kemampuanku….”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s