artikel · iptek

Pentingnya Olahraga Bagi Remaja

Olahraga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kenapa? Karena olahraga adalah salah satu alasan kita untuk tetap sehat. Berolahraga sebenarnya tidak perlu mahal seperti ke fitness karena dengan anda berjogging atau jalan santai sudah disebut dengan berolahraga yang sederhana. Olahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan ada niat untuk berolahraga.

Bagi para remaja, olahraga sangat disukai untuk mengisi waktu luang, hanya sekedar main dan menyehatkan tubuh. Permainan olahraga yang saat ini masih digemari adalah futsal, basket, badminton, tenis meja dan lainya juga yang menarik antusias para remaja untuk berolahraga. Kebanyakan para remaja mungkin tidak semua tahu manfaat olahraga bagi mereka karena menurut mereka olahraga membuat sehat serta menyenangkan ketika bersama teman.

Namun olahraga juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh yaitu:

1. Olahraga mencegah Obesitas
Obesitas biasanya paling berpotensi pada usia remaja dimana saat manusia menginjak usia remaja akan membutuhkan banyak asupan makanan seriring dengan padatnya aktivitas mereka. Mereka yang obesitas cenderung kurang percaya diri terhadap pergaulan teman sepermainanya. Sebenarnya obesitas bukanlah menjadi penghalang dalam pergaulan. Olahraga dapat berguna untuk mencegah obesitas untuk anda yang masih remaja, cobalah berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar obesitas dapat dihindari.

2. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi fleksibel dan meningkatkan koordinasi tubuh.
Dengan tubuh yang fleksibel, dapat membantu kita untuk melakukan aktivitas dan berolahraga. Bagi para remaja, olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot serta meningkatkan kualitas postur tubuh sehingga memperbaiki penampilan anda. Untuk meningkatkan koordinasi tubuh anda dapat melakukan seperti senam, yoga dan lain-lain.

3. Olahraga dapat mendukung pertumbuhan tulang dan otot
Olahraga selain menyehatkan juga membantu pertumbuhan tubuh dan otot anda karena saat remaja adalah masanya pertumbuhan. Jika olahraga dilakukan secara rutin maka akan berdampak positif bagi tubuh serta pertumbuhan. Dengan berolahraga tulang akan kuat sehingga saat anda usia dewasa maupun tua jika anda berolahraga akan mencegah osteoporosis dan menghindari keropos pada tulang. Bermain basket, bersepeda dan berenang adalah olahraga yang dapat dilakukan untuk membentuk tulang dan otot.

Olahraga yang Disunnahkan Islam

 
Islam adalah agama yang mengedepankan keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Pada kehidupan dunia salah satu hal yang dianjurkan oleh  Islam ialah berolahraga. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang disunahkan dalam Islam:

1. Panahan

    Panahan adalah olahraga yang menggunakan busur dan anak panah yang dilontarkan. Olahraga ini membutuhkan ketepatan dan ketangkasan dalam menembakkan anak panah. Mengapa Islam mensunahkan olahraga ini? Karena memanah memberikan manfaat bagi penggunanya. Seperti: melatih konsenterasi, kesabaran, dan ketepatan sehingga memudahkan untuk mengontrol diri kita. Selain itu, memanah juga berguna ketika tersesat di alam liar. Dan dengan hanya menggunakan panah kita dapat bertahan hidup dengan cara mencari hewan buruan. Dan pada masa lalu, ketika perang masih bergejolak dalam syiar Islam, panah adalah senjata yang efektif.

2. Berkuda

    Berkuda adalah aktivitas berjalan dengan menunggangi kuda. Dalam olahraga ini, dibutuhkan keberanian, dan keseimbangan dalam mengontrol kuda yang kita tunggangi.Berkuda mempunyai banyak manfaat, diantaranya melatih kita untuk bersahabat dengan makhluk lain, dan berarti kita juga memperlakukan makhluk lain dengan dengan tidak menyiksanya. Yang kedua, menguji keberanian kita. Selain itu dengan berkuda berarti kita telah menjalankan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

3. Berenang

    
     Berenang adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh secara terkoodinasi sehingga kita dapat dapat melayang dan bergerak di air. Berenang merupakan salah satu olahraga yang digemari di masa globalisasi ini. Dengan berenang kita dapat mendapatkan manfaat. Yaitu, memperkuat seluruh otot kita sehingga kita tidak akan mudah lelah, melatih sistem pernafasan, dan kita harus bersyukur karena kita masih masih diberi nafas oleh Allah SWT. Dan jika dapat berenang, kita menyelamatkan diri ketika terjadi kecelakaan di air. Sehingga kita masih dapat bertahan hidup dan masih bisa melanjutkan ibadah kepada Allah.

Ketiga olahraga di atas juga disebutkan dalam dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Ajarilah putra-putramu  memanah, dan berenang.” (HR. Ath-Thawawi). Sedangkan berkuda adalah olahraga yang dianjurkan Rasullullah, karena beliau bersabda: “Tidak ada perlombaan kecuali untuk unta, panah, atau kuda.” (HR. Ahmad dan Tiga Imam). Dan menurut hadist lain: Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah.”

Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk malas berolahraga. Karena dengan berolahraga berarti kita telah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sehingga kita semakin kuat untuk beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, dengan berolahraga kita telah menjalankan sunnah Rasulallah SAW.


SavedURI :Show URL
 

//


SavedURI :Show URL
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s