artikel

Mencari Jodoh Lewat Pacaran?

Ih, jaman sekarang nggak pacaran nggak gaul. Apalagi kalau nggak punya pacar bisa-bisa jadi galau tingkat super. Teman-teman dah laku semua, la aku koq belum laku ya? Jangan-jangan aku ini jomblower sejati? Jangan-jangan aku ini nggak laku?

Mungkin pertanyaan itu pernah sobat ISC’er alami. Ngaku aja hehehe nggak usah pura-pura…:)

Santai aja sobat ISC’er, Allah telah menetapkan kita berpasang-pasangan tidak usah takut akan takdirnya. InsyaAllah suatu saat kita akan mendapati “teman sejati” kita.

Dan Kami menciptakan kalian berpasang-pasangan.(QS. An-Nabaโ€™ [78] : 8)

Atau mungkin juga kita pernah dengar ungkapan bahwa pacaran itu nggak ada dalam Islam. Bahkan ketika diberi tahu tentang dilarangnya pacaran eh malah mengomel tidak karuan :(….

“Kenapa sih, ngga boleh pacaran!”, kalimat seperti ini acap kali diucapkan oleh para remaja, dengan nada kesal. Zaman sekarang, remaja pacaran, berjalan dan mojok berduaan, memang sudah sangat biasa. Mereka terlihat dimana-mana.

“Tapi …orang yang sedang pacaran kan bahagia, lihat aja tuh orang yang sedang jatuh cinta, suka senyum-senyum sendiri, kelihatan senang kan?๐Ÿ™‚ he .. he..”. Kaya sedang makan coklat ya? ada lirik lagu yang bunyinya: ” Bila Cinta Sudah Melekat Tai Kucing Rasa Coklat “…. Waktu pacaran kirain coklat setelah nikah “Sialan, ngga taunya Tai Kucing”. Nah lo …emang beneran mau makan tai kucing ? qiqiqi

Konon, katanya punya pacar emang asik. Ada yang diajak hang out di akhir pekan, ada yang bisa diajak curhat-curhatan, dan yang lebih keren lagi, ada yang bisa diajak belajar bareng. Hmm,emang kalau sama teman yang sesama jenis kenapa? โ€œNggak seru. Kayaknya, gimana gitu, enakan sama lain jenis…” Watawww..

Sebagian besar anak muda menganggap, pacaran bisa menjadi bukti kalau dirinya itu normal. Yang nggak punya pacar dianggap nggak normal. Duh, kasian banget ya. Pacaran juga bisa dijadikan alat bukti bahwa dirinya cakep, karena ada yang mau. Dan juga itu tadi, aktivis pacaran mengatakan bahwa dengan berpacaran bisa meningkatkan semangat belajar dan bekerja. Benarkah?! Kasih tau enggak ya…??

Baiklah sobat ISC’er mari kita bahas tentang pacaran yuk sebelum kita menyesal dunia akhirat….amit amit naudzubillah deh.

1. Katanya pacaran bisa ajang saling mengenal…

Wah, ini pernyataan salah kaprah. Banyak lho orang yang pacaran lama juga ketika nikah kaget dengan perilaku suaminya. Beda banget deh dengan pacaran. Dulunya sih doi tuh baikan banget, pengertian, dan romantis..suit-suit. Tapi setelah menikah koq jadi berubah kasar, dan mau menang sendiri…Nah, emang belum tau ya…selama pacaran khan setan ikut andil membuat yang buruk kelihatan baik. Kita juga pura-pura baik agar pacar kita nggak berpaling ama yang lain…

“Ah, ternyata bau badannya ….uasem. Waktu pacaran kok wangi ya…”.

” Yaaa ternyata kere, mobil yang dipakai waktu pacaran itu mobil pinjaman …”.

“Waktu pacaran kayanya romantiiis banget, eh ternyata aslinya galak”.

Pacaran tidak menjamin kita akan tahu sifat calon suami atau istri sesorang. Jadi gimana dong? ….

Sholat Istikhoroh, minta petunjuk kepada Allah. Walaupun bibit, bebet, bobot tetap harus dilihat ya. Carilah yang sepadan. Namun yang terutama carilah yang pemahaman agamanya baik.

Lalu istikhoroh, Berdoalah: “Ya Allah,kalau memang ia baik untukku mudahkanlah, jika tidak baik untukku jauhkanlah”.

2. Katanya pacaran sebagai bukti kita keren/laku

Ah….kata siapa, sekarang udah nggak jamannya pacaran disebut keren atau laku. Banyak juga orang yang sering gonta-gonti pacar malah diberi sebutan buruk…playboy lah, play girl lah…bekas si ini lah bekas si itu lah…belum lagi klo sampai gituan…bisa-bisa nggak laku seterusnya malahan. Malah ada orang yang gonta ganti pacar berkali-kali eh sampai sekarang malah nggak nikah-nikah…bingung dia mau milih yang bijimane…?

Belum lagi islam melarang lho orang pacaran melanggar banyak ajaran islam lho sobat ISC’er antara lain..

Pertama: Pacaran adalah jalan menuju zinabahaya zina

Yang namanya pacaran adalah jalan menuju zina dan itu nyata. Awalnya mungkin hanya melakukan pembicaraan lewat telepon, sms, atau chating. Namun lambat laut akan janjian kencan. Lalu lama kelamaan pun bisa terjerumus dalam hubungan yang melampaui batas layaknya suami istri. Siapa yang paling dirugikan? perempuan!! Coba liat remaja sekarang ISC’er, udah banyak sekali yang tidak perawan gara-gara diserahkan bukan pada suaminya yang sah…huuuufhhh selain itu sampai sekarang belum ada laki2 yang bisa diperiksa masih perjaka atau ngga. Dan belum ada laki-laki yang hamil he ..he. Makanya para gadis, berhati-hati lah. Sekali terjadi perzinahan, maka “nasi sudah menjadi bubur”. Waspadalah- waspadalah bujuk rayu setan.

Maka benarlah, Allah Taโ€™ala mewanti-wanti kita agar jangan mendekati zina. Mendekati dengan berbagai jalan saja tidak dibolehkan, apalagi jika sampai berzina. Semoga kita bisa merenungkan ayat yang mulia,

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุจููˆุง ุงู„ุฒู‘ูู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ููŽุงุญูุดูŽุฉู‹ ูˆูŽุณูŽุงุกูŽ ุณูŽุจููŠู„ู‹ุง

โ€œDan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.โ€(QS. Al Isroโ€™: 32).

Kedua: ย Pacaran melanggar perintah Allah untuk menundukkan pandangan

Yang beginian sobat ISC’er kayaknya banyak yang belum tau…Lah kalau kita nunduk terus bisa nabrak tembok, kejedot lalu kepala penyok….:)

Sabar-sabar yang dimaksud menundukkan pandangan adalah kepada lawan jenis…klo jalan mah lihat jalan, klo lihat cowok atau cewek cakep mah malah bisa yang membuat kepala kita kejedot qiqiqiq

ู‚ูู„ู’ ู„ูู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ูŠูŽุบูุถู‘ููˆุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุญู’ููŽุธููˆุง ููุฑููˆุฌูŽู‡ูู…ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุฒู’ูƒูŽู‰ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ ุจูู…ูŽุง ูŠูŽุตู’ู†ูŽุนููˆู†ูŽ

โ€œKatakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.โ€ (QS. An Nur: 30)

Ketiga: Pacaran seringnya berdua-duaan (berkholwat)

Sobat ISC’er, pernah nggak sih kita berfikir, bahwa ketika seorang laki-laki dan perempuan berduaan di suatu tempat, ada yang ikut serta meramaikan suasana? Ya, dialah setan.

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฃูŽู„ุงูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฎู’ู„ููˆูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุจูุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ู„ุงูŽ ุชูŽุญูู„ู‘ู ู„ูŽู‡ู ุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุซูŽุงู„ูุซูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽุญู’ุฑูŽู…ู

โ€œJanganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya.โ€ (HR Muslim)

Dalam sejarah, nggak pernah kita dengar bahwa setan menggoda manusia untuk berbuat baik. Yang ada, pekerjaan utama setan adalah untuk menjerumuskan manusia agar berbuat dosa dan kemaksiatan. Hampir mustahil perempuan dan lelaki yang tengah memendam bara cinta bisa terbebas dari โ€˜keinginan tertentuโ€™ ketika berinteraksi, berdekatan, apalagi bersentuhan. Hingga akhirnya, terjadilah zina.

Keempat: Dalam pacaran, tangan pun ikut berzina

Hah, emang ada zina tangan…ada sobat ISC’er. Zina itu mah macamnya banyak. Zina tangan adalah dengan menyentuh lawan jenis yang bukan mahrom sehingga ini menunjukkan haramnya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu , Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ู†ูŽุตููŠุจูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฒู‘ูู†ูŽู‰ ู…ูุฏู’ุฑููƒูŒ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ุงูŽ ู…ูŽุญูŽุงู„ูŽุฉูŽ ููŽุงู„ู’ุนูŽูŠู’ู†ูŽุงู†ู ุฒูู†ูŽุงู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑู ูˆูŽุงู„ุฃูุฐูู†ูŽุงู†ู ุฒูู†ูŽุงู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุงูุณู’ุชูู…ูŽุงุนู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูุณูŽุงู†ู ุฒูู†ูŽุงู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽู„ุงูŽู…ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽุฏู ุฒูู†ูŽุงู‡ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุทู’ุดู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูุฌู’ู„ู ุฒูู†ูŽุงู‡ูŽุง ุงู„ู’ุฎูุทูŽุง ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจู ูŠูŽู‡ู’ูˆูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽุชูŽู…ูŽู†ู‘ูŽู‰ ูˆูŽูŠูุตูŽุฏู‘ูู‚ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ููŽุฑู’ุฌู ูˆูŽูŠููƒูŽุฐู‘ูุจูู‡ู

โ€œSetiap anak Adam telah ditakdirkan bagian untuk berzina dan ini suatu yang pasti terjadi, tidak bisa tidak. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara. Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh). Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.โ€ (HR Muslim)

Ternyata pacaran itu dilarang ya dalam islam…udah deh putusin pacar kamu…mending kita mencintai Nabi Muhammad SAW dan orang tua kita, pasti deh banyak kemudahan nantinya.

Jodoh sudah ada yang mengatur. Wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan sebaliknya. Sudah diatur. Aturan agama islam dibuat untuk memudahkan dan memuliakan kita sobat ISC’er. Sesungguhnya, tidak ada niat Tuhan selain memuliakan kita. Jika kita ingin Tuhan menuruti permintaan kita, marilah kita belajar untuk lebih patuh.

Akhirnya, ingatlah bahwa dalam diri pemuda tersimpan banyak sekali potensi. Manfaatkanlah waktu mudamu untuk berperan serta dalam berbagai kegiatan positif. Insya Allah, jika kita menghabiskan seluruh waktu kita untuk beramal sholeh, maka tak ada ruang bagi setan untuk membisikkan godaannya demi menjerumuskan kita dalam kemaksiatan bagaimana pun bentuknya, termasuk salah satunya: PACARAN. Mulai sekarang, katakan pada dunia: Remaja Islam, Say No to Pacaran!

menangis pacar

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu berusaha memperbaiki diri di jalanNya. Semoga Allah mengampuni kesalahan-kesalahan kita. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s