kesehatan

Manfaat Body Scrub, Lulur, dan Spa

Body scrub adalah cara mengoleskan butir-butir halus ke permukaan kulit dengan cara menggosok. Tujuannya untuk mengelupas kulit ari bagian terluar/kulit mati. Hasilnya kulit akan terlihat lebih cerah karena kulit yang mati yang menutupi terangkat.

Lulur,  sebenarnya prosesnya hampir sama dengan body scrub. Lulur juga mengeluarkan kulit mati dengan digosokkan pada kulit, bentuknya saja yang beda. Body scrub bentuknya adalah butir-butir halus sedangkan lulus berbentuk pasta .

Cara pemakaian lulur, bubuk pasta ditambahkan air kemudian ditempelkan ke kulit selama kurang lebih 15 menit kemudian digosok untuk mengelupaskan kulit yang mati.  Rasa dingin  lulur yang menempel di kulit  dapat menimbulkan rasa nyaman.

Lulur juga biasannya diberi bahan tambahan misalnya dengan kunyit, tepung beras, minyak zaitun, dan lain-lain. Bahan-bahan yang mengandung zat aktif itu diharapkan bisa masuk dan bekerja pada kulit untuk mendapatkan efek tertentu. Misal, dengan adanya minyak zaitun diharapkan kulit yang kering menjadi lembab; kunyit dan tepung beras membuat kulit jadi cerah warnanya. Tetapi jangan terlalu berharap karena secara logika lulur yang menempel semalaman saja sedikit efeknya.

Sedangkan spa adalah perawatan yang dilakukan oleh suatu tempat khusus yang terdiri dari pijat dan lulur. Pijat ini gunanya supaya otot-otot menjadi santai biasanya ditambahkan dengan minyak spesial seperti aroma terapi yang bisa membuat orang rileks. Di spa biasanya disediakan tempat untuk relaksasi dengan memakai aroma terapi dan lulur, atau berendam dengan aroma terapi.

Setelah melakukan lulur atau body scrub jangan lupa mengoleskan pelembab sebagai pelindung kulit kita usai terkelupas. Pemberian pelembab dilakukan segera setelah basah totol-totol dengan handuk, dalam keadaan setengah basah.

Perawatan spa, lulur dan body scrub sebaiknya dilakukan maksimal dua kali seminggu. Sebab, kalau terlalu sering kulit kita digosok, dan bila sudah tidak ada kulit mati yang terkelupas masih terus digosok, akan mengakibatkan iritasi. Perlu diingat, manusia normalnya berganti kulit setiap 28 hari. Dengan mandi sehari dua kali, sudah cukup bersih. Namun bila mau lebih bersih, tambah dengan lulur atau body scrub dua kali seminggu.

 

ummi-online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s